Jumat, 08 September 2017

Surat Untuk Yazed Al Rantissi, Anak-ku

Dan demi perpanjangan tangan remah di mulutmu anakku,
Jangan izinkan aku terlelap menjagai setiap sisa pembuluh hasrat yang kumiliki hari ini...

Demi setiap huruf pada setiap fabel yang kututurkan padamu sebelum tidur, matahariku!


Rabu, 15 Dzulhijjah 1438 H a.k.a 6 September 2017, anak pertama kami lahir menghirup udara didunia yang sempit ini. Alhamdulillah.

Tidak banyak yang diharapkan dari seorang ayah kecuali ingin anaknya menjadi anak yang sholeh, dan bermanfaat bagi Agama Islam. Insya Allah.

Dengan ini kutuliskan sebuah catatan agar kelak anakku membaca dengan jiwa besarnya.

Bismillah,

Nama-mu Yazed Fawaz Al Rantissi. Sebelumnya, Fawaz adalah Jawaz karena banyak yang protes ke ayah, lalulah ku ganti menjadi Fawaz yang didalam bahasa Indonesia artinya "Kemenangan". Disini akan Ayah Syarah mengenai makna nama-mu yang aduhai ini, maka janganlah minder ketika kelak kau sudah dewasa anakku. Karena nama adalah sebuah identitas dari seseorang. dan kau seorang Muslim, maka berbanggalah dengan nama Muslim-mu.

Berikut penjelasan dari nama-mu :

Pertama :

Yazed atau Yazid (bin muawiyah) adalah nama seorang Khalifah pada masa Bani Umayyah, bisa di sebut dengan Yazid 1.

Beliau Merupakan seorang tabi'in.
Beliau adalah orang pertama yang memerangi Konstantinopel pada tahun 49 H. Dalam sebuah hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Pasukan pertama yang memerangi kota Kaisar adalah orang-orang yang diam­punkan (dosa-dosa) mereka.” (HR. Al-­Bukhari). 

Nama Yazid juga merupakan nama yang sangat di benci kaum Syi'ah Rafidhah. Dengan berbagai macam fitnah di lontarkan kepada Yazid 1 dalam rangka memburukkan pamornya dan pamor Bani Umayyah. Juga sebagai bahan untuk mencela sebagian shahabat.

Dan sekaligus, Yazid adalah nama seorang da'i senior di tanah air. Tepatnya nama orang tua beliau yaitu, Abdul qodir Jawas. Nama lengkap da'i tersebut adalah Syaikh Yazid bin Abdul qodir Jawas. Seorang aalim yang akhir akhir ini menjadi bahan omongan banyak orang yang tidak suka dgn cara berdakwah beliau. Banyak pula tuduhan miring yang membuat ayah sakit hati, seperti tuduhan Murji'ah.

Adapun kenapa nama Yazid bisa diplesetkan menjadi Yazed, karena menurut ayah keren aja sih, ada bagian nama ayah sendiri, Edy. lagian, Yazed dan Yazid itu artinya sama, cuman logatnya berbeda.

Kedua :

Fawaz, Artinya "kemenangan". Nama ini hanya tambahan dengan maksud Doa untuk-mu dan teruntuk Kepercayaan yang kamu yakini.

Ke tiga :

Al Rantissi.
Jika kamu kelak aktif di dunia pergerakan (Mudah-mudahan tidak), tentu akan mengenali nama yang satu ini. Beliau adalah salah satu tokoh yang ikut mendirikan organisasi politik HAMAS, yang Syahid (Insya allah).

Seorang dokter yang mengeyam pendidikan di Mesir ini dahulu nya pernah bergabung di Ikhwanul Muslimin. Kemudian kembali ke gaza lalu mulai lah aktifitas nya bersama Hamas.

Jadi, nama Yazed Fawaz Al Rantissi ini ayah gabungkan menjadi satu-bagian dengan harapan dan sekaligus doa agar hati hati kaum muslimin bersatu hingga menuju kemenangan. Dan ini juga sebagai bentuk konsistensi ayah yang selalu berada di pertengahan, antara Salafi dan Haroki.

Sekian~


2 komentar:

  1. semoga akhlak dan keilmuannnya seperti ustadz yazid, bahkan lebih dari itu. Amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah, syukron doa nya akhi... Jazakallah Khoir

      Hapus