Sabtu, 22 April 2017

Apakah Lucifer, Samiri Dan Dajjall Itu merupakan Sosok yang sama?


Pertanyaan:

Assalamu’alaikum ustadz. Saya mau bertanya.
Apakah Lucifer, Samiri Dan Dajjall. Itu merupakan Sosok yang sama?
Terima kasih
Ahmad Sofyan (SF-002)

Jawaban:

Waalaikumussalam warohmatulloh wabarokatuh.
Sebutan lucifer tak dikenal dalam Istilah Islam, kemudian Samiri dan dajjal adalah dua makhluk Alloh subhanahu wata’ala yang berbeda, walaupun keduanya kafir kepada Alloh subhanahu wata’ala.
Samiri adalah seorang kafir dari kaum Nabi Musa sedangkan dajjal adalah makhluk paling kafir kepada Alloh yang akan ada pada akhir zaman dan akan dibunuh oleh Nabi Isa ‘alaihissalam.
Tentang Samiri Alloh subhanahu wata’ala berfirman dalam surat Toha ayat 97:

قَالَ فَاذْهَبْ فَإِنَّ لَكَ فِي الْحَيَاةِ أَنْ تَقُولَ لَا مِسَاسَ وَإِنَّ لَكَ مَوْعِدًا لَنْ تُخْلَفَهُ وَانْظُرْ إِلَى إِلَهِكَ الَّذِي ظَلْتَ عَلَيْهِ عَاكِفًا لَنُحَرِّقَنَّهُ ثُمَّ لَنَنْسِفَنَّهُ فِي الْيَمِّ نَسْفًا
“Berkata Musa: “Pergilah kamu, Maka Sesungguhnya bagimu di dalam kehidupan di dunia ini (hanya dapat) mengatakan: “Janganlah menyentuh (aku)”[ Maksudnya: supaya Samiri hidup terpencil sendiri sebagai hukuman di dunia]. dan Sesungguhnya bagimu hukuman (di akhirat) yang kamu sekali-kali tidak dapat menghindarinya, dan lihatlah Tuhanmu itu yang kamu tetap menyembahnya. Sesungguhnya Kami akan membakarnya, kemudian Kami sungguh-sungguh akan menghamburkannya ke dalam laut (berupa Abu yang berserakan).”

Samiri terus hidup sendiri tanda dapat bergaul dengan orang lain sebagai hukumannya sampai dia mati.
Wallahu’alam.


Sumber: hasmi

0 komentar:

Posting Komentar