Sabtu, 19 Agustus 2017

Ustadz Firanda Andirja, M.A ditanya: Apakah organisasi Islam itu bid’ah?

Ketika Ustadz Firanda Andirja, M.A ditanya: Apakah organisasi Islam itu bid’ah? 
 
Ust. Firanda Andirja, M.A menjawab: 
 
Organisasi Islam itu tidak bid’ah. Organisasi itu perkara dunia. Selama itu tujuannya untuk akhirat, maka tidak terjadi masalah. Ada organisasi besar, ada organisasi kecil, seperti pondok. Pondok itu organisasi kecil, sama saja. Ada mudirnya (pimpinan pondoknya) ada pengasuh pondoknya, ada anak buahnya. Ini organisasi kecil-kecilan meskipun tidak terdaftar. 
 
Namun tatkala organisasi tersebut dipakai sebagai ukuran wala dan bara’, kalau bukan dari kelompok saya, saya tidak mau ngaji, kalau bukan dari kelompok saya, saya tidak mau menikahi. Ini masalah kalau begini. Dia berwala dan berbara’ bukan di atas Al Qur’an dan Sunnah, tetapi di atas organisasinya. Kalau begini, maka ini organisasi yang bid’ah.
 
Kita tahu seperti di India ada saudara-saudara kita namanya Organisasi Ahlul Hadits, dan itu ada pemimpinnya, ada anak buahnya dan banyak teman-teman saya bermanhaj ahlussunnah, bermanhaj salaf dari kelompok ini. Tapi mereka tidak menjadikan itu sebagai ukuran al wala wal bara’ (cinta dan benci gara-gara kelompok –ini tidak boleh–). 
 
Kalau sudah cinta dan benci berdasarkan kelompok, misalnya, saya tidak mau menikah kalau bukan dari kelompok saya, maka ini adalah organisasi hizbiyyah. Wallahu a’lam. 
 
Silahkan rujuk Vidio Ust. Firanda Andirja, M.A “Apakah Organisasi Islam Itu Bid’ah”. 
 
 
 

0 komentar:

Posting Komentar